top of page
Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal 4 Alat Sterilisasi Laboratorium - Autoklaf

Updated: Sep 6, 2022


AUTOKLAF - AUTOCLAVE

Nama Alat / Sinonim :

Autoklaf – Autoclave – Otoklaf – Steam Strilizer


Metode dan Prinsip Kerja :

Metode kerja Autoklaf adalah Sterilisasi Basah dengan air (uap air) sebagai medium. Perinsip kerja jenis autoklaf yang umum digunakan di laboratorium adalah pengaliran uap panas betekanan secara periodik (Steam-Flush Pressure-Pulse Autoclave). Ketika air dalam autoklaf mengalami fase didih, maka uap air yang terbentuk akan mendesak dan mengganti udara yang mengisi autoklaf, sehingga terjadi peningkatan tekanan di atas tekanan atmosfer. Peningkatan tekanan mengakibatkan peningkatan suhu dalam ruang autoklaf secara cepat, dimana proses ini terangkai secara berulang atau periodik yang sekaligus menandai berlangsungnya proses sterilisasi.


Kelebihan :

- Capain dan fase waktu sterililasi relatif lebif cepat (efektif) dibandingkan dengan alat dan metode sterlisasi lainnya, seperti oven laboratorium.

- Dapat digunakan untuk mensterilkan peralatan-peralatan laboratorium dari berbagai jenis material kedap air, seperti gelas, stainless, plastik dan porcelain.

- Memiliki kontrol waktu, temperatur dan tekanan (pressure gauge) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis peralatan yang disterilkan.

- Memiliki kapasitas ruang yang besar, sehingga menampung peralatan dalam jumlah besar. Namun disyaratkan ruang autoklaf tidak beleh diisi penuh agar uap air benar-benar menembus semua area.


Kelemahan :

- Memerlukan sumber daya listrik dengan daya yang relatif besar dalam pengoperasiannya,

- Pengoperasian yang relatif rumit dengan pengaturan beberapa paramater yang kontrol yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk memerlukan medium air sebagai media bantu sterilisasi.


Brand Produksi / Model / Kapasitas :

- All American – AUTOCLAVE Electric 50X (Cap. 24 Liter, Pressure 26 Psi)

- GEA Portable Autoclave Sterilizer YK 18-LM (Cap. 18 Liter, Pressure 0.165 Mpa)

- Hirayama AUTOCLAVE – HV50 HICLAVE (Cap. 50 Liter, Pressure 3 to 30 Psi, with 3 pcs SS Wire Baskets)


Gambaran lebih detail tentang Pengertian, Aplikasi Fungsi, Prinsip Kerja dan Rekomendasi Model AUTOKLAF – AUTOCLAVE dapat dilihat pada link yang kami sediakan atau Hubungi Kami.

 

3,050 views

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page