top of page
  • Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal Muffle Furnace - Tanur Pembakaran

Updated: Sep 6, 2022

Muffle Furnace – Tanur atau Tungku Pembakaran adalah alat laboratorium yang digunakan sebagai pemanas (pembakar) mekanis bersuhu sangat tinggi yang mengubah media analis atau bahan sampel menjadi material abu atau arang dalam waktu yang relatif cepat.


Mengenal Muffle Furnace - Tanur Pembakaran

Pernakah anda melihat alat sejenis oven yang bersuhu sampai 1.000°C lebih? Bisa kita bayangkan jika suatu material dimasukkan kedalamnya, maka akan berubah menjadi abu ataupun arang dalam waktu singkat. Itulah Muffle Furnace atau Muffle Oven yang di-Indonesiakan sebagai Tanur pembakaran. Mari kita mengenali fungsi Muffle Furnace ataupun Tanur Pembakaran lebih jauh.

Muffle furnace (Tanur) adalah suatu alat sejenis oven, berupa ruangan dengan penyekat termal yang dapat dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu. Muffle furnace dalam hal ini adalah tungku dimana bahan subyek dan semua produk pembakaran termasuk gas dan abu terisolasi dari bahan bakar. Berbeda dengan Oven Laboratorium dengan suhu maksimum 200°C – 300°C, Tanur bekerja dalam suhu tinggi, yaitu di atas 1.000°C.


Penggunaan tanur di laboratorium biasanya digunakan untuk aplikasi gravimetrik, yaitu pengarangan atau pengabuan suatu zat/sampel yang dianalisis. Di laboratorium kimia misalnya, muffle furnace digunakan untuk destruksi sampel batuan sebelum dilanjutkan untuk analisis komposisi. Muffle furnace juga digunakan dalam banyak penelitian. Salah satunya adalah digunakan peniliti ataupun laboran untuk menentukan berapa proporsi sampel yang tidak mudah terbakar dan tidak mudah menguap (non-volatile).


Bagi Anda yang memiliki kebutuhan alat sejenis, kami merekomendasikan Muffle Furnace dari brand produk Thermolyne Thermo Scientific dengan terapan teknologi modern. Brand dimaksud adalah brand terkemuka besertifikasi internasional. Muffle Furnace Thermolyne Thermo Scientific bekerja dengan suhu maksimum 1.100°C dan 1200°C. Kami menyediakan 3 varian model Muffle Furnace Thermolyne, yakni FB1310M-33 dengan kapasitas volume 1.3 liter dan model FB1410M-33 kapasitas 2.1 liter dengan max tempearture 1100°C. Sementara untuk kapasitas yang lebih besar adalah model F148010-33 kapasitas 5.8 liter dengan max temperature 1200°C


Kami senang, kami bisa membanginya dengan Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan Hubungi Kami. Semoga memberi manfaat. Salam hormat dari Kami.


5,304 views

Recent Posts

See All
bottom of page