top of page
  • Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal 6 Alat Ukur Kualitas Air - DO Meter

Updated: Sep 6, 2022


DO (Dissolved Oxygen) Meter


DO Meter - Dissolved Oxygen Meter

Fungsi dan Aplikasi :

DO Meter berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen terlarut (dissolved oxygen) dalam air yang dinyatakan dalam bentuk konsentrasi μS/cm (mS/cm) atau g/ml (ppm).

Pengukuran DO diaplikasikan terutama untuk kebutuhan aquakultur dan penilaian pencemaran air. Besarnya jumlah oksigen terlarut menjadi gambaran kemampuan perairan menampung biota air seperti ikan dan mikroorganisme, serta kemampuan air untuk membersihkan pencemaran.


Deskripsi Alat dan Prinsip Kerja :

Alat DO Meter terdiri 2 komponen : (1) unit (mesin) sebagai media pengaturan dan pembacaan, (2) oxygen probe (batang oksigen) sebagai komponen pengukur.

Prinsip kerja DO Meter adalah dengan memanfaatkan detektor/sensor katoda dan anoda yang terdapat dalam oxgen probe. Hasil pengukuran oxgen probe yang dicelupkan kedalam wadah air akan ditransfer dan diolah di unit alat dan ditampilkan secara numerik pada display.


Brand Produksi - Model :


Gambaran lebih detail tentang Pengertian, Aplikasi Fungsi, Prinsip Kerja dan Rekomendasi Model DO Meter dapat dilihat pada link yang kami sediakan atau Hubungi Kami.

 

5,872 views

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page