top of page
  • Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal 5 Alat Homogenizer Laboratorium - Hotplate Magnetic Stirrer

Updated: Sep 6, 2022

HOTPLATE MAGNETIC STIRRER



Nama Alat / Sinonim :

Hotplate Magnetic Stirrer – Hotplate Stirrer – Magnetic Stirrer with Heating – Pengaduk Magnetik


Metode dan Prinsip Kerja :

Hotplate magnetic sitrrer (Hotplate Stirrer) bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas dan energi gerak (putar) untuk memanaskan dan mengaduk larutan. Agar larutan teraduk dan bercampur sempurna (homogen) digunakan stir bar (batang magnet) sebagai alat bantu. Sementara panas yang dihasilkan untuk mempercepat terjadinya homogenisasi larutan


Kelebihan :

- Metode pengoperasiannya yang relatif mudah dan dapat difungsikan secara portable (berpindah-pindah) dengan bobot alat yang relatif kecil.

- Memiliki kontrol temperatur dan kecepatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis larutan yang akan dihomogenkan.

- Mampu melakukan pengadukan hingga kapasitas 10 liter, namun harus disesuaikan dengan dimensi plat dan ukuran stirr bar.


Kelemahan :

- Memerlukan alat bantu berupa strring bar untuk proses pengadukan/homogenisasi larutan

- Perlu kehatian-hatian dalam pengeoperasiannya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada sejumlah komponen elektrik, seperti heater dan medan magnet stasioner


Brand Produksi / Model :

- CIMAREC+ Thermo Scientific – Hotplate Stirrer Cat. No. SP88857105 (heating plate 18.4 x 18.4 cm) dan Hotplate Stirrer Cat. No. SP88850105 (Heating Plate 26.0 x 26.0 cm)

- AREC VELP Scientifica – Hotplate Stirrer Cat. No. F20500011

- Thermo Scientific – RC2240Q Hotplate Thermolyne (Large External -Cotrolled Hotplates). Uniform heating of large volumes and multiple vessels.


Gambaran lebih detail tentang Pengertian, Aplikasi Fungsi, Prinsip Kerja dan Rekomendasi Model HOTPLATE MAGNETIC STIRRER dapat dilihat pada link yang kami sediakan atau Hubungi Kami.

 

990 views

Recent Posts

See All
bottom of page