top of page
  • Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal Fungsi Orbital Shaker

Updated: Sep 6, 2022

Mengenal Fungsi Orbital Shaker sebagai salah satu alat laboratorium yang digunakan dalam proses homogenisasi larutan. Bekerja dengan cara mengocok larutan dalam gerakan gemetar melingkar satu arah.

Nama Alat / Sinonim :

Orbital Shaker – Orbital Shaker – Pengocok Orbital – Pengaduk Orbital

Fungsi dan Prinsip Kerja Orbital Shaker :

Fungsi Orbital Shaker adalah mengocok larutan atau campuran larutan menjadi homogen dengan gerakan getar melingkar satu arah pada orbitnya. Alat ini lebih diperuntukan untuk mengocok suatu campuran bahan yang memerlukan kecepatan lambat, khususnya untuk aplikasi kultur mikroba.

Orbital Shaker bekerja dengan sistem getar. Motor pada alat akan memutar pelat (plat) tempat wadah ditempatkan dengan gerakan melingkar. Efek yang ditimbulkannya adalah larutan dalam wadah akan mengalami guncangan, bergetar memutar mengikuti putaran yang diciptakan oleh alat.


Kelebihan :

- Metode pengoperasiannya yang relatif mudah dengan kontrol kecepatan dan temperatur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

- Dapat dioperasikan untuk melakukan pengocokan (homogenisasi) laruran dalam beberapa media secara bersaman dengan kapasitas 10 kg yang disesuaikan dengan model alat dan dimensi platnya.

- Tidak memerlukan alat bantu pengocokan atau pengadukan dalam pengoperasiannya.


Kelemahan :

- Kecepatan pengocokan yang relatif rendah, sehingga proses homogenisasi larutan menjadi lebih lama.

- Perlu kehatian-hatian dalam pengeoperasiannya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada motor orbitalnya.


Brand Produksi / Model :


Gambaran lebih detail tentang Pengertian, Aplikasi Fungsi, Prinsip Kerja dan Rekomendasi Model ORBITAL SHAKER dapat dilihat pada link yang kami sediakan atau Hubungi Kami.

1,274 views

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page