top of page
Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal 6 Alat Ukur Kualitas Air - Turbidity Meter

Updated: Sep 6, 2022


Turbidity Meter - Turbidimeter


Turbidimeter - Turbidity Meter

Fungsi dan Aplikasi :

Fungsi Turbidity Meter atau Turbidimeter sebagai alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kekeruhan dalam air (turbiditas) yang merupakan ukuran kemampuan partikel tersuspensi dalam menghamburkan cahaya.

Pengukuran turbiditas banyak diaplikasikan untuk kebutuhan penilaian kelayakan air bersih, kebutuhan aquakultur dan penilaian pencemaran air. Kekeruhan air menggambarkan kandungan zat-zat tersuspensi yang dapat membawa bakteri dan virus penyakit serta menjadi penghambat proses fotosintetis pada perairan.


Deskripsi Alat dan Prinsip Kerja :

Turbidity Meter adalah satu unit alat elektronik dengan seperangkat komponen elektronik didalamnya, berupa sumber cayaha ((light source), photodetector, dan microprocessor untuk mengolah dan menampilkan hasil data pada display.

Prinsip kerjanya adalah dengan memanfaatkan light source polikromatik, misalnya jenis LED Lamp atau infrared yang kemudian diubah menjadi cahaya monokromatik. Ketika cahaya monokromatik dilewatkan melalui larutan sampel, maka partikel tersuspensinya menyerap energi dari cahaya dan dihamburkan kembali ke berbagai arah. Perangkat photodetector pada unit alat akan mendeteksi cahaya yang dihamburkan, selajutnya dikonversi menjadi bentuk numerik sebagai nilai turbiditas.


Brand Produksi - Model :

- EUTECH Thermo Scientific – Turbidity Meter Portable TN 100 IR (Infrared)

- LUTRON Electronics – Turbidity Meter Portable TU 2016


Gambaran lebih detail tentang Pengertian, Aplikasi Fungsi, Prinsip Kerja dan Rekomendasi Model Turbidity Meter dapat dilihat pada link yang kami sediakan atau Hubungi Kami.

 

2,564 views

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page