top of page
  • Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal 4 Alat Sterilisasi Laboratorium - Ultrasonic Cleaner

Updated: Sep 6, 2022


ULTRASONIC CLEANER

Ultrasonic Cleaner BRANSON

Nama Alat / Sinonim :

Ultrasonic Cleaner – Pembersih Ultrasonik


Metode dan Prinsip Kerja :

Ultrasonic cleaner lebih difungsikan sebagai alat pembersih khusus, namun untuk beberapa model modern juga telah dilengkapi dengan pemanas (heater) untuk menjalankan fungsi dan metode Sterilisasi Basah. Prinsip kerja ultrasonic cleaner adalah perambatan gelombang frukuensi tinggi pada media cair.

Cairan akan dirambatkan dalam bentuk medium suara dengan gelombang ultrasonik berfrekuensi tinggi yang menghasilkan getaran mikroskopik, sehingga kotoran ataupun mikroorganisme (kontaminan) yang menempel kuat bisa lepas dengan lebih mudah. Getaran juga akan mempengaruhi cairan dalam kontainer yang membuatnya memiliki daya kejut (agitasi) yang kuat, sehingga semua jejak kontaminasi yang melekat akan terhapus.


Kelebihan :

- Merupakan perangkat pembersih yang paling efektif, khususnya untuk material berukuran kecil, berlekuk dan berbentuk rumit, seperti komponen-komponen peralatan medis dan laboratorium, assesoris-assesoris mesin dan meterial berbahan bahan keras, non-absorben seperti logam, gelas, plastik, dll. Proses pembersihan dan sterilisasinya mampu menembus lubang buta, retakan, dan ceruk halus pada material yang dibersihkan.

- Waktu yang dibutuhkan untuk proses pembersihan alat terbilang cepat, hanya memerlukan waktu dalam kisaran beberapa menit, dengan media air yang dapat dipanaskan dan dipadukan dengan cairan disinfektan untuk efektiytas pembersihan dan sterlisasi.

- Memiliki kontrol waktu dan temperatur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis peralatan yang disterilkan.


Kelemahan :

- Perlu kehatian-hatian dalam pengeoperasiannya untuk meminimalisir terjadinya kerusahan pada sejumlah kompenen elektriknya, khsususnya transunder dan heater.

- Kapasitas ruang kontainer (tank) yang relatif terbatas, dikarenakan lebih dikhususkan untuk peralatan berukuran kecil.

- Pengoperasian yang relatif rumit dengan pengaturan beberapa paramater yang kontrol yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk memerlukan medium cairan sebagai media bantu pembersihan dan sterilisasi.


Brand Produksi / Model / Kapasitas :

- BRANSON Ultrasonic Cleaner M-Series – Mechanical Timer without Heater (Cap. 1.5 liter, 2.8 liter, 5.7 liter, 9.5 liter)

- BRANSON Ultrasonic Cleaner MH-Series – Mechanical Timer with Heater (Cap. 1.5 liter, 2.8 liter, 5.7 liter, 9.5 liter)

- BRANSON Ultrasonic Cleaner CPX-Series – Digital Timer without Heater (Cap. 1.5 liter, 2.8 liter, 5.7 liter, 9.5 liter)

- BRANSON Ultrasonic Cleaner CPXH-Series – Digital Timer with Heater (Cap. 1.5 liter, 2.8 liter, 5.7 liter, 9.5 liter)

- ACZET Ultrasonic Cleaner with Heater - Model CUB-10 Cap. 10 Liter

- ACZET Ultrasonic Cleaner with Heater - Model CUB-10 Cap. 4,5 Liter


Gambaran lebih detail tentang Pengertian, Aplikasi Fungsi, Prinsip Kerja dan Rekomendasi Model ULTRASONIC CLEANER dapat dilihat pada link yang kami sediakan atau Hubungi Kami.

 

1,524 views

Recent Posts

See All
bottom of page