top of page
Writer's pictureSolusi Laboratorium

Mengenal Gelas Beaker – Gelas Kimia

Updated: Dec 17, 2021


Gelas Beaker - Gelas Kimia

Pengertian dan Fungsi Gelas Beaker Gelas - Gelas Kimia


Mengenal Gelas Beaker - Gelas Kimia dari segi bentuk berupa gelas tinggi, berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya. Keberadaan skala dimaksud untuk mengetahui secara langsung jumlah volume larutan yang ditampung. Pada bagian bibir atas ditandai dengan keberadaan corot kecil atau paruh agar memudahkan dalam menuangkan atau memindahkan larutan dalam suatu gelas kimia ke wadah yang lain.

Gelas beaker berbahan kaca, umumnya terbuat dari material kaca borosilikat (borosilicate). Merupakan leburan oksida borat, pasir silika, abu soda dan alumina. Keunggulannya, memiliki ketahanan dan kemampuan terhadap perbedaan temperatur yang drastis, bahkan tahan hingga suhu 200°C. Brand internasional seperti Schoot Duran, Pyrex Iwaki, Borosil, dan Corning menggunakan kaca borosilikat untuk produk-produk glassware yang diproduksi.


Mengenal fungsi gelas beaker - gelas kimia atau yang juga biasa disebut gelas piala, merupakan salah satu peralatan dasar di laboratorium dengan fungsi dasar sebagai wadah penampung larutan untuk berbagai kebutuhan analisis laboratorium. Fungsi gelas beaker tersebut secara spesifik dapat kita sebutkan sebagai berikut :

  1. Wadah untuk menampung larutan sebelum atau setelah proses analisis dilakukan,

  2. Media untuk mencampur larutan untuk proses homogenisasi larutan,

  3. Media untuk memanaskan larutan, khususnya menggunakan alat Hotplate Stirrer.


Model dan Ukuran Gelas Beaker - Gelas Kimia


Kita membedakan gelas Beaker atau gelas kimia dalam 2 model. Pertama, model Low Form atau diistilahkan juga dengn ‘bentuk rendah’, secara fisik biasanya memiliki tinggi sekitar 1,4 kali diameternya. Ini adalah bentuk yang paling universal dan digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari menyiapkan larutan, menyimpan cairan buangan hingga sebagai wadah untuk melakukan reaksi sederhana. Kedua adalah model Tall Form atau ‘bentuk tinggi, memiliki tinggi sekitar 2 kali diameternya. Bentuk ini juga kadang disebut beaker Berzelius dan banyak digunakan untuk proses titrasi di laboratorium.


Terakhir, terkait dengan ukuran atau kapasitas volume gelas beaker. Guna memenuhi kebutuhan peruntukannya, beaker glass diproduksi dalam varian volume yang beragam, mulai volume 5 ml bahkan hingga sampai 10.000 ml (10 liter). Perbedaan varian volume ini juga berkorelasi pada perbedaan diameter dan tinggi beaker, baik untuk model Low Form maupun Tall Form.


Kami senang bisa berbagai pengetahuan dengan Anda. Jika ada hal terkait yang ingin diketahui silahkan Hubungi Kami.

11,352 views

Recent Posts

See All

Комментарии


bottom of page